Adu Kuat Apple-HTC di Pasar Amerika

Minggu, 10 Juni 2012 Label:
Apple Inc., minta Komisi Perdagangan Internasional Amerika Serikat di Washington, untuk melarang masuknya komputer tablet dan telepon selular HTC ke pasar Amerika.

Permintaan darurat ini disampaikan terkait dengan perintah Komisi agar HTC mencabut aplikasi yang hak patennya milik Apple, jika masih mau berdagang di Amerika Serikat. Aplikasi tersebut terkait dengan teknologi deteksi data milik Apple yang dipasang di produk HTC.

Produk-produk tersebut adalah ponsel: HTC One X, HTC One S, HTC EVO 4G LTE, serta komputer tablet Flyer.



Berdasarkan data industri Bloomberg, tahun lalu ponsel seri One milik HTC, produsen ponsel terbesar kedua di Asia, mampu menjual US$ 312 miliar atau Rp 2.808 triliun di pasar Amerika.

Di pasar telepon pintar global, sepanjang kuartal pertama tahun ini, HTC memiliki pangsa pasar 4,5 persen. Angka tertinggi yang diperoleh adalah pada semester kedua 2011, yaitu dengan pangsa pasar 10,7 persen. Penurunan ini akibat penguasaan Apple dan Samsung di pasar.

"HTC sudah bekerja keras cukup lama untuk mengembalikan pasarnya yang hilang, seperti terlihat pada produk seri One," ujar Will Stofega, analis dari IDC. "Selama ini jalannya sudah lempang, tapi dihajar lagi (oleh Apple)."

Bulan lalu, sejumlah produk HTC langsung dihentikan oleh pemerintah Amerika di perbatasan. Rencana peritel Sprint Nextel Corp menjual produk HTC pun terhambat, sambil menunggu persetujuan dari Bea dan Cukai Amerika, serta otoritas perbatasan.

Produk yang dikirim dari Taiwan itu harus dipastikan tidak mengandung aplikasi yang patennya milik Apple. "Tapi akhirnya prduk HTC dilepas dan masuk pasar, setelah perusahaan tersebut mampu membuktikan," ujar Taoyuan dari HTC.

Inilah yang membuat Apple geram sekaligus waswas dan khawatir. Karena itu, perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs tersebut minta Komisi Perdagangan menghentikan masuknya produk HTC ke pasar Amerika.

0 komentar:

Posting Komentar

 
ARFY'S BLOG © 2011 | Design Template by Rizky wardiansyah | Template Blogger Name | Template Transparent 2.0 | Template Transparent 2.0